News & Events

FMIPA Selenggarakan Yudisium ke-54 dengan Sukses

Senin, 12 September 2022 FMIPA Universitas Bengkulu menyelenggarakan Yudisium yang ke-54. Acara yudisium diselenggarakan di Aula Kampus 4 Universitas Bengkulu di Padang Harapan Kota Bengkulu. Yudisium kali ini diikuti oleh 13 prodi yaitu S2 kimia, S2 Statistika, S1 Matematika, S1 Kimia, S1 Fisika, S1 Biologi, S1 Statistika, S1 Farmasi, D3 Laboratorium Sains, D3 Keperawatan, D3 Kebidanan dan D3 Farmasi dengan peserta sekitar 290 orang.  Dalam Laporannya Wakil Dekan Bidang Akademik, Azhar Muda Lubis, S.Si.,M.Sc.,Ph.D menyampaikan Jumlah profil peserta yudisium dengan rincian Lulusan terbaik:

  1. Lulusan terbaik pada Program S2 Kimiah diraih oleh Dina Erliana (IPK 3,92) Predikat Pujian
  2. Lulusan terbaik pada Program S1 Biologi diraih oleh Reza Wahyuni (IPK 3,91) Predikat Pujian
  3. Lulusan Terbaik Program Vokasi diraih oleh Triana Yestira Prodi Farmasi (IPK 3,87) Predikat Pujian
  4. Lulusan Termuda dari Program S1 Biologi adalah Reza Wahyuni Predikat Pujian.

Pada Yudisium ke-54 ini orasi ilmiah dibawakan oleh Dosen D3 Kebidanan, Ibu Kurnia Dewiani, S.ST.,M.Keb dengan tema “Peran Pendidikan Bidan Dalam Peningkatan Kualitas Pelayanan dengan Teknologi Tepat Guna di Era Society 5.0 ” . Dalam orasi ilmiahnya Ibu Kurnia Dewiani menyampaikan bahwa pendidikan memiliki peran yang penting dalam perkembangan society 5.0 yaitu memajukan kualitas SDM dan terciptanya pendidikan yang berkualitas. Dosen idealnya telah memenuhi target sustainable learning dengan capaian soft skill¬†dan kebutuhan psikologis peserta didik. Dalam orasi ilmiah ini, juga disampaikan hasil riset yang telah dilaksanakan yang mendukung era Society 5.0 dan untuk meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan di Indonesia diantaranya Smart Labor Camera, Vaginal Toucher Digital (VTD) dan Smart Incubator Portable. Dekan memberikan Sertifikat penghargaan atas penyampaian Orasi Ilmiah ini.

Prosesi penyerahan transkrip dan plakat kepada peserta yudisium berlangsung hikmat oleh Dekan yang didampingi oleh masing-masing ketua prodi.

 

 

Selanjutnya Peserta Yudisium Terbaik, Reza Wahyuni menyampaikan Kesan dan Pesan, dilanjutkan Orang tua menyampaikan sambutan. Sambutan ini disampaikan oleh Bapak Sahudin, Ak.,M.Si.,CA.,CGAA orangtua dari Wafa Syahidah lulusan terbaik dari program Farmasi.

 

Dekan memberikan sambutan sebelum menyerahkan penganugrahan lulusan terbaik. Dalam sambutannya Dekan menyampaikan rasa syukur atas terselenggaranya yudisium ini, bangga dengan peserta dan berterima kasih kepada orang tua yang telah menitipkan anaknya untuk dididik di FMIPA UNIB. Dekan juga menyampaikan profil singkat FMIPA dengan prestasinya dan tidak lupa memotivasi lulusan bahwa kunci sukses adalah tidak hanya berdiam diri namun terus berikhtiar (kerja keras), membuka jaringan komunikasi dan relasi serta berserah diri kepada Allah Subhanna Wata’ala.

Acara yudisium ditutp dengan Doa lalu foto bersama.(NK)