Sambutan Rektor

Booklet-humas-42Selamat datang di website Universitas Bengkulu (UNIB). Universitas Bengkulu merupakan salah satu universitas negeri di Indonesia. UNIB berdiri sejak 24 April 1982. Visi UNIB adalah to be a world class university by 2025 dan tag line UNIB adalah Conveying Better Future.

Universitas Bengkulu saat ini berada di urutan ke-25 rangking webometrics untuk seluruh universitas di Indonesia. Hal ini menandakan bahwa website UNIB sering dikunjungi dan digunakan oleh seluruh kalangan stakeholders UNIB yaitu dosen, karyawan, mahasiswa maupun masyarakat luas baik itu di tingkat nasional maupun internasional.

UNIB merupakan universitas terbesar di Provinsi Bengkulu. Sampai pada tahun 2015 ini UNIB memiliki jumlah mahasiswa aktif sebanyak 16.000 mahasiswa yang kuliah pada tingkat diploma sampai pada jenjang doktoral. Jumlah alumni yang sudah dihasilkan oleh UNIB sejak berdiri dari tahun 1982 lebih dari 41.000 alumni. Tenaga pengajar yang dimiliki oleh UNIB adalah 733 dosen dan 36 diantaranya adalah guru besar (professor), jumlah dosen dan guru besar akan terus bertambah setiap tahunnya. Karyawan UNIB saat ini tercatat sebanyak lebih dari 300 orang.

UNIB memiliki 8 fakultas yaitu: Fakultas Pertanian (FP), Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Fakultas Hukum (FH), Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), Fakultas Teknik (FT), Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) dan Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK). UNIB memiliki 36 jurusan Strata 1 (S1), 15 jurusan Magister (S2) dan 2 jurusan Doktor (S3).

Dalam hal kerjasama internasional, UNIB telah menjalin banyak kerjasama dengan universitas internasional maupun nasional, di antaranya adalah: Nanyang Technological University (NTU) Singapore; Gifu University, Jepang; Murray State University, USA; Rajamanggala University, Thailand; Battambang University, Cambodia; Nanjing Forestry University, China dan banyak lagi universitas lainnya. Kerjasama UNIB dengan universitas internasional dan nasional dilakukan dalam banyak hal, yaitu pertukaran dosen dan mahasiswa, penelitian bersama, publikasi internasional bersama, seminar internasional dan sebagainya.

UNIB juga aktif di dalam jaringan universitas internasional seperti RENPER (Regional Network on Poverty Eradication), MIICEMA (Malaysia Indonesia International Conference on Economics, Management and Accounting), ASAIHL (Association of Southeast Asian Institutions of Higher Learning) dan IOAF (Indian Ocean Academic Forum).

Rektor

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *